Pembuatan Video Animasi [Tugas Kelompok]

ABSTRAK

Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak. Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah

Pada zaman modern ini semua orang hidup dengan barang-barang canggih. Saat ini kita hidup di era teknologi informasi, era dimana alat-alat teknologi digital dilahirkan. Bukan tanpa alasan, lahirnya penemuan-penemuan di bidang teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer, internet, e-mail, dan lainnya, merupakan deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era ini. Hingga saat ini, penemuan-penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia. Selain bertujuan mempermudah pekerjaan manusia, penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi juga bertujaun membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan (intertainment). Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah animasi.Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Dengan lahirnya berbagai macam animasi, para pembuat animasi berlomba lomba membuat software untuk pembuatan animasi dengan mudah cepat dan efektif. Berbagai animasi pun sangatlah berkembang dengan adanya tangan-tangan kreatif anak muda.

1.2              Batasan Masalah

Dalam penulisan ini, penulis membatasi tulisan pada pembuatan animasi dengan menggunakan software sparkol yang berisikan tentang animasi perkenalan nama anggota kelompok kami dan berbagai penjelasan unik tentang kami didalamnya. Pengenalan tentang animasi dan software sparkol.

1.3              Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ialah dengan animasi singkat yang dibuat ini ingin memperkenalkan para anggota dari kelompok kami dengan menggunakan animasi yang dengan mengguna software sparkol yang sangat mudah, cermat, dan efektif.

1.4              Metode Penelitian

Metode penulisan ilmiah yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pengumpulan data dan pengembangan aplikasi. Penulisan yang dilakukan menggunakan data sekunder. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan beberapa sumber seperti artikel, tutorial dan dokumentasi dari internet yang berhubungan dengan materi.

ISI

2.1       Cerita animasi

Cerita animasi yang kami buat menceritakan tentang pengenalan anggota kelompok kami. Dengan beranggotakan Emilia febia manda, Yudha arief wijaya, Ghifari irfandi, Dewit dwi dellani, M.Farchan widayatama, Rizky maulana, Moh. Gustian hadi harto, Ismail cht, Prima nurul permata dewi, dan Helmi stya putro.

2.2       Proses pembuatan animasi

Langkah – langkah pembuatan animasi menggunakan Aplikasi VideoScribe :

1). Lakukanlah login terhadap VideoScribe Login.

2). Jika anda belum mempunya ID silahkan klik “Create new Account”.

3). Lalu anda akan masuk ke dalam menu pertama di VideoScribe ini.

4).  Setelah itu muncul tampilan awal Worksheet untuk membuat suatu animasi.

5).  Pilihlah Character sebagai objek di dalam animasi. Sesuaikan character dengan kebutuhan animasi anda.

6).  Add Text ini berguna untuk menuliskan pesan atau tulisan apa saja yang ingin anda sampaikan pada animasi anda nanti. Usahakan tulisa sesuai alur jalan cerita animasi anda. Fornt, colour, Size bisa anda atur di dalam add text ini.

7). Add Chart, berfungsi untuk mendesign template. Mulai dari size template nya, warna template nya serta date and time nya.

8). Langkah berikut adalah untuk mengimport suatu music backsound di dalam animasi. Gunanya untuk melengkapi agar animasi yang kita buat bukan merupakan alur character bergerak saja, melainkan juga ada tambahan fitur music di dalamnya. Agar lebih terlihat menarik dan menyenangkan. Anda bisa memakai music yang telah di sediakan oleh VideoScribe atau bisa pula mengupload file music anda sendiri.

9). Paper Options, gunanya adalah untuk memberikan pengaturan pada kertas atau worksheet.

10). Langkah selanjutnya adalah kita membuat settingan tangan agar tulisan yang kita sudah buat tadi di munculkan seolah – olah menggunakan gerakan tangan. Anda bisa memilih gerakan tangan yang sudah di sediakan oleh VideoScribe.

11). ni adalah tampilan project animasi yang telah selesai di desin. Semua sudah di tata secara rapih di dalam worksheet.

12). Lalu setelah semua selesai melakukan kegiatan design animasi. Create video agar kita bisa memiliki file video tersebut.

13). Tunggu beberapa saat sampai proses Create Video telah selesai.

14). Setelah video berhasil di create save lah file nya melalui SaveScribe.

15). Pembuatan video sudahlah selesai. Karna ini adalah salah satu dari tugas dari kampus, kami harus memasukan file video kami ke dalam Power Point guna untuk melakukan presentasi.

PENUTUP

3.1       Kesimpulan

            Kesimpulan yang dapat ditarik dari latar belakang diatas yaitu para pembuat animasi tidak merasa kesusahan karena dengan adanya tutorial animasi yang menggunakan Sporkal dapat membantu animator berkreatif.

3.2       Saran

Pada animasi ini data yang disajikan masih tergolong sedikit dan untuk pengembangan selanjutnya bisa ditambah dengan informasi yang lebih lengkap lagi dengan menggunakan software yang lebih canggih lagi.

 

Video Animasi Kelompok Kami 🙂

Tinggalkan komentar