Pengertian Sosial dan Kesamaan Derajat Secara Umum – Para Ahli

Pengertian Secara Umum

  • Sosial mengandung pengertian suatu kumpulan dari individu-individu yang saling berinteraksi sehingga menumbuhkan perasaan bersama.
  • Perbedaan dari suatu pelapisan sosial ini akan terlihat jika dibandingkan dengan kesamaan derajat, dalam kesamaan derajat tidak ada yang disebut dengan tinggi rendahnya kedudukan atau tingkatan seseorang di dalam suatu hubungan bermasyarakat. Kedudukan yang ada hanyalah status kesamaan, sehingga pengertian dari kesamaan derajat bertolak belaknng dari pengertian pelapisan sossial. Kesamaan derajat adalah suatu kedudukan seseorang tanpa melihat kelas atau kelompok dimana seseorang itu berasal. Hak dan kewajiban sangat berperan penting didalam kesamaan derajat ini agar seseorang mempunyai rasa nyaman dan aman, selain itu hak dan kewajiban ini dengan bebas dari rasa takut perlu adanya jaminan, dan yang mampu yang memberi jaminan ini adalah pemerintah yang kuat dan berwibawa. Didalam susunan negara modern hak-hak dan kebebasan-kebebasan asasi manusia itu dilindungi oleh undang-undang dan menjadi hukum positif.

Pengertian Menurut Para Ahli

 

Sosial :

  • Lewis

Sosial adalah sesuatu yang di capai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara Warga Negara dan Pemerintahnya.

  • Keith Jacobs

Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

  • Philip Wexler

Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.

  • Enda M. C

Sosial adalah tentang bagaimana cara individu saling berhubungan.

  • Ruth Aylett

Sosial adalah sesuatu yang di pahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

 

Kesamaan Drajat :

  • Pitirim A. Sorokin bahwa Kesamaan Drajat merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis).

 

  • P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan.

 

 

 

Sumber :

 http://carapedia.com/pengertian_definisi_sosial_menurut_para_ahli_info516.html

http://vanillabluse.blogspot.com/2013/12/pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat.html

 

Tinggalkan komentar